Tuesday 10 May 2011

#13 Japan's Journey: Ngantuk abis

October 7, 2010

Hari ini gw bangun pagi banget padahal gw karaoke ampe jam 2, dan sampe di kamar sekitar jam setengah 3-an pagi. Ini gara-gara si Chen maksa-maksa gw nemenin dia karaoke ampe pagi. Padahal gw hari ini ada kelas jam 8.45. Gw bangun jam 7 pagi. Mata masih sepet banget, tapi mesti dipaksain bangun, klo ga gw bakal telat ngampus. Mana pelajaran pertama itu pelajaran yang berat lagi, Intermediate Japanese II. Pas gw lagi fit aja, masih ada beberapa kata yang gw ga bisa tangkep karna senseinya ngomong Jepang full, kaga ada bahasa Inggris. Palagi ngantuk begini, bisa-bisa ga bakal ada yang masuk ke otak, tapi gw usahain deh..minum kopi yang banyak pagi-pagi.

Pelajaran pertama, awal-awal emank biasanya si sensei cerita tentang hal-hal tentang Jepang gitu. Nah kali ini si sensei cerita tentang Sake. Tempat-tempat terkenal dengan sakenya dan merk-merk sake yang bagus. Kota gw, Saijo, adalah kota terbaik tempat pembuatan sake, setiap tahun ada festival sake di kota gw, nah festival itu bakal diadakan tanggal 9 dan 10 Oktober ini. Selain itu, Yamagata-ken juga cukup terkenal dengan sakenya yg bermerk "Jyuuyondai". Dan sake-sake paling mahal di Jepang dan sangat direkomendasikan, merknya adalah "Jinmaidai Ginjyoushu". Selain itu "Jundai", "Junkin", ato "Junmei" juga masih bagus kok. Nah selanjutnya baru belajar tentang bunpo dan tetek bengeknya, yang bikin gw pusink sih gara-gara penjelasannya pake bahasa Jepang,,mungkin klo bahasa Inggris gw bakal cepet ngerti kali ya. Klo bahasa Jepang gitu, gw kudu ngulang lagi sendiri di asrama...TT

Kuliah selanjutnya itu Japanese Listening level 3. Dalam kelas ini sih, ga hanya listening tapi dipaksa ngomong bahasa Jepang karna dicampur dengan diskusi juga tentang budaya Jepang dan membandingkan dengan budaya di negeri masing-masing. Pelajaran pertama kali ini tentang budaya menelpon yang klo orang Jepang ngomong "Moshi-moshi" dan "Bendera". Kenapa orang jepang pake "Moshi-moshi"? Moshi-moshi itu berasal dari kata "Moushimasu". Artinya orang yang sedang berbicara, kayak misalnya klo lu lagi Jikoushoukai (perkenalan diri), lu suka bilang kan "Watashi ha Andreas to moushimasu", itu artinya "Saya Andreas yang sedang berbicara". Jadi dulu orang Jepang klo ngangkat telepon bilang "Moushimasu, moushimasu", kayak "Ya, ya, ini gw bicara", tapi seiring berjalannya waktu, kan ribet tuh ngomong moushimasu-moushimasu, kepanjangan dan bikin ribet..jadi lama-lama berubah cuma jadi "Moshi-moshi" karena lebih mudah untuk dikatakan. Gw juga baru tahu hal ini pas masuk kelas ini loh...hahaha

Selanjutnya istirahat jam makan siang, tapi gw ga mao makan di jam makan siang karna pasti rame banget tuh kantin. Jadi gw pergi ke perpus pusat aja buat ngenet. Gw ngenet juga sambil nunggu pelajaran selanjutnya tentang Japanese Culture and Education jam setengah 3 siang dengan Hotta-sensei.

Pelajaran pertama di kelas Japanese Culture, gw nonton video tentang 4 musim di Jepang. Pas liat videonya, bener-bener kagum deh. Jepang emank punya tradisi sendiri di setiap musim, dan setiap musim di Jepang itu pasti menarik. Spring dengan sakura, Natsu dengan Hanabi, Fall dengan Momiji, dan Winter dengan Yuuki dan Tahun Baru. Semuanya sangat epik bercampur jadi satu dan membuat budaya Jepang semakin kaya dan menarik. Dan sekarang-sekarang ini gw lagi menikmati musim gugur, dimulainya daun-daun memerah dan menjadi kuning. Sungguh indah.

Abis dari kelas Hotta-sensei gw kembali ke perpus pusat buat ngenet dan translate ampe jam 10-an malem karna perpus juga tutup jam 10. Langsung deh gw berangkat menuju You Me Town untuk memburu makanan diskon. Gw beli beras, terus Okonomiyaki dengan Hiroshima Style, ikan, dan yakitori..hohoho. Murah jadinya beli banyak. Terus bedanya apa Okonomiyaki Hiroshima dengan Osaka? Klo Hiroshima, di tengah-tengah Okonomiyaki biasanya dikasih ramen, udon, atau soba..sumpah itu bikin kenyang banget. Makanya klo makan Okonomiyaki di Hiroshima pasti ga rugi deh soalnya banyak banget, klo Osaka punya kan kecil. Pasti masih laper...hohoho

Oke, menuju Petualangan selanjutnya!!

2 comments:

Anonymous said...

andezz-nii... *boleh gak manggil gitu???*

aku seneng bgt deh baca blog nii-chan...
hehe...
kerasa seru banget tinggal di jepang...
jadi iri...TT^TT

wah... ternyata gitu toh sejarahnya kata 'moshi, moshi'... *nodded*
dapat ilmu baru dari blog nii-chan... ^^

ngebaca blog nii-chan jadi membuat suasana hati ku ceria... hehe
ga tau knapa tapi aku ngedekripsikan nii-chan sbg orang yang 'warm-heart and friendly' dari tulisan2 yang ada di blog ini...
that's why aku gak ragu2 buat SKSD .. *whacked* XDDD

Uwa~~~ kelupaan...
watashi wa Melyana desu...
Yoroshiku onegaishimasu.. *bowing head* ^^

ki-se-ki said...

wah boleh kok..
panggil apa aja yg serasa nyaman buat kamu..:)

ini sebenernya semua tulisan yg aku copy paste dari facebook aku..XD
soalnya lebih apdet nulis diary di facebook..XD

hello Melyana..
enjoy urself here...^^