Tuesday, 22 February 2011

#7 Japan Journey: Softbank Center

October 1, 2010

Hari ini ada Placement test buat penempatan kelas bahasa Jepang. Tes dimulai jam setengah 11 siang tapi setengah jam ada petunjuk pengerjaan dan penjelasan berbagai hal dulu deh. Penjelasan tesnya ampe ada 3 bahasa (Jepang, Inggris, dan Mandarin), emank orang Cina di Hiroshima University terlalu banyak, di mana-mana pasti nemu orang China. Tes sebenarnya baru dimulai jam 11 dan gw punya waktu 1 jam untuk mengerjakan soal bahasa Jepang yang ampe 7 halaman itu dalam 1 jam. Halaman awal-awal mah gampang banget, cuman cara baca kanji, partikel, dan katakana gitu, kanjinya juga masih gampang-gampang. Pas udah halaman-halaman terakhir di halaman 6 dan 7, itu kanji semua soalnya, pala gw langsung puyenk ngeliatnya, asal jawab aja deh jadinya. Memang ga mungkin dapet high class Japanese..XD Terus gw ngeliat muka orang-orang yang pada mao ikut test, ada bapak-bapak yang mukanya mirip orang Indonesia, langsung aja gw tanya, "Are you Indonesian?", dia bales, "No, I'm Phillippines~"..UWAAAA gw salah, malu deh gw, abis muka orang filipin sama Indo kan sama banget tuh. Mirip dah.

Sehabis test itu, semua ngobrol-ngobrol mengenai test yang baru saja dialami, gw sih nunggu tutor gw jemput karena gw sama dia mao ke conter softbank dan rencanannya beli hape. Sebelum tutor gw datenk, gw ngobrol-ngobrol sama Chen sebentar, dan dia ngasih oleh-oleh dari China sebuah koin dalam sebuah kantong kain merah, katanya buat keberuntungan..heheehe. Beberapa saat kemudian, Tutor gw, Santi, datenk. Sebenernya saat semua anak HUSA mo makan siang, gw dan Santi juga ngikutin mereka karena bermaksud makan siang juga. Tapi setelah menjelajahi sampe 3 kantin, semuanya penuh banget, karena jam 12 emank lagi jam makan siang di kampus. Terus hari ini kan hari pertama masuk kuliah buat seluruh mahasiswa Hiroshima university, jadi kampus yang kemaren-kemaren ga terlalu rame jadi penuh banget sekarag, sepeda aja ampe ga tertampung kali di parkiran karena saking banyaknya mahasiswa. Saat kami berjalan menuju dari satu kantin ke kantin lain, gw melihat gerombolan mahasiswa berkumpul dan ada seorang mahasiswa di depan yang megang-megang toa kuning, wah lagi DEMO!!XDDD gw bisa melihat langsung gimana mahasiswa Jepang demo, ada anak-anak cewek yang ngasih-ngasih gw kertas kayak protes-protes kepada Pemerintah, wah ternyata cara demonya ga beda jauh. Terus pas kami melewati jembatan (soalnya di kampus gw ada sungai kecil), ada anak-anak Kendo lagi latihan di jalanan deket sungai. Ah keren!! Gw juga pengen latian kendo dengan baju hakama di pinggir sungai, bener-bener Japanese otoko!XD

Pada akhirnya karena ga ada kantin yang memadai untuk kita para gaijin. Gw memutuskan untuk pergi ke softbank center dulu. Di Softbank center, pertama kalinya gw nyoba IPAD, haduh jadi pengen, abis canggih banget sih..UWAAAA tapi mahal jugaaaaaa. Gw nunggu antrian buat dilayani sama customer servicenya. Sambil menunggu gw melihat-lihat hape yang akan gw pilih nantinya. Ada handphone yang diiklanin anak SMAP, dan akhirnya gw menemukan handphone yang bener-bener sangat mirip sama punya YAMADA di HIDARIME!! Gw langsung investigasi tuh hape, dan emank bagus dan sangat mirip! Akhirnya gw pengen beli yang itu aja deh. Nah pas di counter customer service ini, semua kebingungan dimulai. Dalam membeli hape jepang, ada banyak cara. Secara umum ada 3 cara yaitu bayar lunas di pembelian pertama, Kontrak, dan Prepaid. Klo bayar lunas di saat pertama kali beli, jelas saja harganya akan jauh lebih mahal dan kita harus bayar lagi nanti buat biaya per bulan untuk pemakaian sms dan telpon. Klo kontrak, itu seperti sistem kredit tapi biasanya lebih murah, kontrak yang lazim di jepang itu biasanya 2 tahun, jadi setiap bulan kita mencicil harga hape, ditambah biaya telpon dan sms, asuransi, dan biaya email, besarnya cicilan tergantung model hapenya. Tapi klo diitung-itung masih lebih murah kontrak. Klo prepaid gw ga terlalu taw karna gw ga nanya lebih jauh, tapi itu kayak lu setor dulu berapa buat pemakaian sebulanm tapi itu tarifnya lebih mahal, jadi tutor gw juga ga menganjurkan. Gw kan di Jepang cuma satu tahun, tapi kontrak yang common berlaku kan 2 tahun, itu agak bikin ribet, gw pengennya kontrak, dan gw bargain sama si CS apakah bisa gw kontrak satu tahun, dan sisa tagihan satu tahun lagi dibayarkan pada bulan terakhir gw di Jepang, nah si CS juga kaga tahu, dia mesti membuat kontraknya dulu baru bisa taw apa ga. Akhirnya karena kebingungan itu, hari itu gw belom beli hapenya. Tutor gw bilang bahwa kita akan kembali lagi hari Selasa (5 Oktober).

Abis dari sana, gw sama Santi pergi ke kantin buat makan siang, karena udah lewat jam makan siang, kantinnya udah sepi jadi enak buat makan, Gw makan kare yang versi besar, sumpah itu gw ampe enek puyeng makannya, banyak banget. Abis gw ngerasa sangat kelaperan jadi mesen yang gede deh, tawnya banyak banget. Lagian kare kan murah jadi beli aja yang gede. Di kantin gw ketemu temennya Santi yang dari Portugal, dia anak S2, gw dikenalin sama Santi ke dia. Dia ceritain liburannya minggu lalu di Korea dan baru saja kembali tadi pagi. Dia ke Pusan klo ga salah, terus ke pantai, tapi pantainya ga panas malah dingin....(gw aja masih bingung ada pantai begitu di korea...XD)

Abis itu gw pergi ke Student plaza buat ngasih sedikit hadiah buat Akagi-san dari Indonesia. Soalnya dia kan udah banyak membantu gw dari gw belom nyampe Hiroshima, pas gw udah nyampe, dan pasti akan banyak membantu gw nantinya. Lagian itu tradisi di Jepang juga kan untuk memberikan sedikit hadiah pada orang yang sudah banyak membantu pada kita dan meminta bantuannya lagi untuk ke depannya. Setelah itu gw ngenet deh di Media Center ampe malem.

Tapi pas nyampe kamar gw di asrama. Gw kan mao nyalain lampu, lampu kamar asrama gw itu klo dinyalain kudu pake tali, talinya ditarik, dia nyala. Nah pas gw tarik-tarik mo nyalain, kok kayaknya keras amat, gw tarik paksa aja...eh dia PUTUS!

Bagus...sekarang kamar gw ga ada penerangan..../tusuk-tusuk bantal pake piso

PETUALANGAN SELANJUTNYA!

1 comments:

chagayo said...

haloo kak, kenalan dulu yak! namaku icha, aku selalu baca petualangan kakak di jepang lho hoho u,u

aaaaaa!! yang ini paling buat aku iri!!!! aku selalu pengen hp yang sama kayak yamada di hidarime! itu sama kak? beneran? uaaaaaa pengeeeeen :3