Tuesday 22 February 2011

#6 Japan's Journey: Buat rekening bank

September 30, 2010

Ga terasa, gw di Jepang udah 5 hari dan hari ini adalah hari terakhir di bulan September. Suhu semakin menurun, suhu dalam kamar gw aja sudah mencapai 24 derajat, mungkin di luar kamar gw bisa mencapai 20 derajat. Dan pasti akan jadi lebih dingin lagi saat akan memasuki winter, gw harus beli jaket bulu nih! Tapi beasiswa belum turun, mana turunnya masih lama lagi, tanggal 15 Oktober. Hari ini libur, ga ada event apa-apa di kampus. Gw juga bangun siang karena kemaren abis Nomikai. Hari ini gw ada jadwal buat ketemu sama tutor gw, janjinya sih jam 11 tapi dia tak kunjung datang sampai jam 12. Gw sudah curiga pasti ada sesuatu, soalnya bukan gaya dia buat datenk telat, mana gw juga ga ada hape buat ngontak dia, gw udah punya firasat, dia pasti ninggalin pesan di Facebook, tapi masalahnya gw kan harus ke kampus klo mao online, gw takutnya dia malah datenk lagi ke kamar asrama gw pas gw pergi ke kampus. Namun akhirnya jam setengah satu siang gw memutuskan untuk pergi ke kampus aja. karena gw udah menunggu 1 setengah jam, menunggu itu sangat menyebalkan taw!!XD

Di tengah jalan menuju kampus gw ketemu temen Austria gw, Suzan. Gw menyapa dia, dan gw menceritakan bahwa Tutor gw sepertinya ga datenk. Terus Susan ngajak gw supaya pergi barenk sama dia dan tutornya untuk membuat rekening bank di Hiroshima Bank dan Japan Post Bank. Itu juga sebenernya jadwal gw dan tutor gw hari ini, jadi gw bilang aja oke, soalnya emank lebih cepat bikin buku tabungan kan lebih baik. Namun karena Susan dan tutornya janjian ketemuan jem setengah 2 di Central Library, ya udah gw ke Central Library aja sampe setengah 2 sambil ngenet. Dan bener aja sesuai dengan feeling gw, tutor gw ninggalin pesen di FB gw bahwa dia bakal ke kamar gw jam setengah 2, gw liat jem di perpus, udah jem satu lewat 15, waduh langsung aja cabut dari perpustakaan dan kembali ke asrama gw. Makdirodok banget dah! Pas gw udah hampir mao sampe di parkiran sepeda asrama gw, di belakang gw udah melihat Santi melambai-lambai di atas sepedanya, ah dasar Santi. Langsung aja gw ajak ke kamar gw buat ngisi beberapa form yang gw ga mengerti soalnya penuh dengan kanji Jepang yang aneh..XD Itu kayak dokumen-dokumen buat pembayaran asrama, pemasangan internet, dll. Abis itu kita langsung menuju Hiroshima Bank buat bikin rekening karena beasiswa gw akan ditransfer ke bank ini. Saat itu udah jam 2, dan bank akan tutup jam 3, jadi kita agak buru-buru karena proses pembuatan rekening baru membutuhkan waktu yang agak lama, apalagi ngejelasin ke gw yang bukan orang Jepang. Pada dasarnya untuk membuat rekening bank di Jepang, gw cuma butuh surat keterangan Alien dari pusat pemerintahan Higashi-Hiroshima. Dan setelah itu gw cuma di suruh mengisi berbagai form. Buku tabungan gw gambar maskot Hiroshima FC loh (klub sepakbola Hiroshima)XDD. Di sana juga bertemu dengan beberapa anak HUSA dengan tutornya yang mao bikin buku tabungan juga. Ketemu sama XinXin juga, cewek Cina yang gw bilang cakep, dan lebih mirip orang Korea ketimbang orang Cina. Terus yah di Jepang itu, entah di bank lah, di konbini, atau di supermarket, pasti para pegawaiinya selalu teriak-teriak "IRASSHAIMASEEE" terus teriak "ARIGATOU GOZAIMASU" buat sama semua orang yang keluar. Pokoknya pelayanan mereka klo sama customer tuh sangat baik deh. taw sendiri kan klo orang Jepang menganggap pelanggan adalah raja bahkan dewa kali yang memberi mereka buat hidup. Orang kita ini dipanggilnya aja "Okyaku-sama", panggilan -sama kan sangat mulia dan hormat...hohoho. Abis dari Hiroshima Bank, kami berangkat menuju Kantor Pos untuk membuat rekening bank Japan Post Bank juga, soalnya asrama gw bakal ngambil pembayaran dari sana. Kantor Pos di Jepang biar cabang di kota kecil tapi tetep aja bagus dan canggih, mesin ATMnya semua udah bisa ngambil dan nabung secara bersamaan. Bahkan kita bisa membuat kartu debet di kantor pos. Udah maju banget deh kantor posnya.

Abis dari kantor post, kita kembali ke kamar asrama gw lagi, buat ngisi beberapa form yang tadi ga bisa keisi karna memerlukan nomor rekening bank Hiroshima dan Japan Post Bank. Setelah semuanya selesai, tutor gw juga pulang deh, dan gw pun pergi ke media center buat ngenet, abis bosen banget di kamar belom ada apa-apa, hape aja belom punya..TT

Di Media center, pengennya OL cuma sebentar terus ke You Me Town (supemarket) buat beli persediaan makanan diskon. Tapi gw malah ketemu temen China gw, Chen. Dasar sesama fans JE, klo ngobrol langsung cocok dan ga berenti-berenti. Sialan dia nunjukin foto dia waktu ke konser Yamapi SHORT BUT SWEET! URAMAYASHII YOOOOOOO!! Chen!!!! Dia itu daifansnya Kattun especially Jin, sayang pas Jin keluar dari KATTUN, dia pun memutuskan berhenti jadi fans Jin..huahahahaha (seneng..XD). Kami keluar barenk dari Media center dan ke supermarket barenk buat belanja kebutuhan sehari-hari. Di supermarket dia malah norak lagi. Ada poster Toma, dia langsung teriak "Ah! Ikuta Toma!", dan malem itu di supermarket kita malah saling nunjuk-nunjuk poster di supermarket sambil sebutin nama artisnya..hahaha bener-bener dua orang Cina yang norak di supaa..XD Pas belanja juga, karena banyak banget makanan yang enak-enak, kita bener2 ambil banyak makanan...bener-bener deh klo liat diskon yang gede-gedean pasti ga tahan pengen ambil semua barang. Gw belanja beras, ikan goreng, dan udon! Udonnya lucu, tinggal dicocol di tengah...XD

0 comments: