Sunday 20 February 2011

#5 Japan's Journey: Orientasi Hari Kedua

September 29, 2010

Hari ini gw masih belom terbiasa dengan kehidupan di Jepang dan kaki gw juga masih pegel-pegel karna harus jalan kaki bolak balik asrama-kampus kemaren buat ngambil passport di kamar.Orientasi hari kedua. Kali ini gw udah ga telat lagi donk, malah datenk 20 menit sebelum orientasi dimulai. Udah ada beberapa anak HUSA yang datenk juga kayak Kori (temen Amrik), Terrence (Hawaii), dll. Ada juga Jeff-san, murid HUSA taon lalu dan melanjutkan S2 di Hiroshima University. Kami mengobrol banyak mengenai placement test buat penempatan kelas bahasa Jepang pada tanggal 1 Oktober. Temen sebangku gw kali ini di orientasi adalah Jimmy, dia berasal dari Swedia. Dia adalah satu-satunya temen gw di angkatan yang ga tinggal di asrama, dia tinggal di apartemen. Taw ga kenapa? Karna dia udah punya istri! Dia bawa istrinya ke Jepang, wah enak banget tuh malam yang dingin di Saijo akan menjadi hangat...XD Orangnya nice dan kind, walo banyak tato di tubuhnya, dia bilang ke sensei gw klo tuh tato biar mirip ama Yakuza...hahaha Ini orang ga ada dasar Japanese sama sekali, dan memaksa gw harus ngomong Inggris sama dia. Tapi yang aneh, gw bisa dengerin dia loh, maksud gwm gw bisa nangkep apa yang dia omong dengan baik, wah gw rasa keajaiban...Orientasi hari ini sesi pertama adalah pengenalan terhadap asrama dan segala peraturannya. Asrama gw sangat murah, cuma 4700 yen per bulan, tapi harus bayar biaya listrik, gas, air itu sekitar 4000yen sebulan, tapi emank lebih sangat murah daripada apartemen yang bisa mencapai 25000-30000 yen per bulan.

Saat orientasi juga ada pengenalan klub-klub di kampus, ada English Cafe, bahkan ada club pasar saham. Sebenernya gw pengen masuk klub Kendo sama Japanese Archery, aduh tapi kata temen-temen Jepang gw, latihannya ketat euy, klub-klub yang memegang tradisi kayak gitu latihannya tiap hari, aduh kaga kuat, tar gw ga bisa jalan-jalan lagi...hahaha tapi pengen juga nyoba kendo. Yang paling mungkin gw ikutin sih klub English Cafe sama klub kegiatan volunteer gitu, kayak ngajar anak-anak SD (wah gw paling suka ketemu anak-anak lucu..XD). Yang memperkenalkan klub itu mahasiswa Jepangnya, Inggris mereka juga masih terrible ah...akhirnya mereka malah jelasin pake bahasa Jepang juga dan Tsunematsu-sensei yang menterjemahkannya untuk kami.

Makan siang di kantin yang kemaren. Kali ini gw makan kare, sumpah itu kare banyak banget, murah dan emank mengenyangkan emank. Bener kata tutor gw, "Klo lu ga punya duit, makan aja kare tiap hari". Udah kenyang, enak, dan banyak. Tapi klo keseringan makan kare, liat kare bisa bikin muntah kali ya...XD Hari ini gw makan sama banyak orang Amrik dan Inggris. Gw ketemu sesama fans SID (band rock Jepang)!! dia dari Minnesota, kita mao nonton konser barenk klo bisa..hohoho

Sehabis makan siang, sesi orientasi adalah tentang cara hidup di jepang dan hidup diantara mahasiswa jepang. Kami dianjurkan untuk bergaul dengan sebanyak-banyaknya orang jepang dan jangan pernah lelah jika banyak mahasiswa Jepang menanyakan "dari mana asalmu", karena orang Jepang sangat curious terhadap gaikokujin (foreigner). Mereka sangat ingin tahu apa yang terjadi di negara kita dan saling bertukar pikiran. Sensei juga berpesan bahwa manfaatkanlah waktu satu tahun ini dengan sebaik-baiknya mencari relasi, belajar bahasa dan budaya serta meningkatkan pemahaman secara internasional. Selanjutnya orang-orang dari Pusat pemerintahan Higashi-Hiroshima datenk lagi, kali ini untuk memberikan kartu asuransi kesehatan yang udah diregistrasi kemarin, waarnanya merah. Dan kami juga dibagikan Student card, sehingga akhirnya gw bisa ngenet dengan bebas di kampus sekarang!! HIDUP NGENET! MERDEKA!XD


kartu mahasiswa gw di Hiroshima Univ dan kartu asuransi kesehatan..gw udah boleh sakit sekarang..XDDD tapi mudah2an gak..LOL


Sesi terakhir orientasi hari ini adalah Campus Tour, tim kami dibagi menjadi 2, tim Jepang dan tim Inggris. Karna ini berkaitan dengan penjelasan, gw ikut tim inggris aja deh, takut ada informasi yang miss. Nah di tim Inggris, yang menjelaskan adalah seorang cewek India yang udah 4 tahun hidup di Jepang namanya Patricia. Inggrisnya bagusm Jepangnya bagus, dan of course Indianya sangat bagus. Tapi lucu aja liat orang India ngomong Jepang, sama dengan saat gw denger orang Inggris, Aussie, dan Amrik ngomong Jepang, lucu banget, masih ada aksen2 Inggris gitu..hahahaha

Sebelum Orientasi hari itu bubar, ada pengumuman bahwa jam setengah 6 bakal ada Welcoming party buat kami dan setelah itu dari jam 8 malam ada Nomikai (pesta minum2 ala orang Jepang untuk penyambutan). Gw harus bayar 500yen buat welcoming party dan 2000yen untuk nomikai (gw ga minum cuma makan jadi 2000yen, klo minum sake juga 3000yen). Garis besarnya dalam welcoming party, cuman ada kayak snack2 gitu di meja dengan berbagai minuman ringan, dan banyak orang Jepang berkumpul dan kami para siswa internasional. Di sana ada 5 meja dengan karton besar di tiap meja. Kita harus menuliskan makanan kesukaan, kota asal, olahraga kesukaan, permainan lanjut cerita dalam bahasa inggris dan bahasa Jepang. Itu sangat menarik. Dan pertama kalinya gw dikumpulkan dengan segitu banyak orang Jepang, semuanya pake bahasa Jepang, walo ada beberapa temen Jepang yang bisa bahasa Inggris. Well, gw sangat menikmati welcoming party itu karena gw jadi bisa ketemu banyak temen Jepang, gw ketemu cewek yang mukanya mirip banget lagi sama Ryoko Hirosue...cakep! Semua temen gw ditanya "dari mana asal kamu?", nah klo gw pertanyaan pertama yang didapet adalah "Nihonjin desu ka?", gw langsung jawab, "Iyaiya, chigau! (bukan)", terus mereka biasanya bakal nanya lagi "eh honto? jyaa, doko kara kita no? Kankoku? (eh benean? klo gitu, dari mana asalnya? Korea?)". Gw ketawa lagi sambil bales, "Chigau! Watashi wa Indonesia kara kimashita~". Semuanya langsung kaget dan shock gitu, "INDONESIA???Heeeeee~ Demo Indonesia-jin zettai mienai yo! Nihon-jin niteru yo!Anata no nihongo mo jyouzu da ne~ (Kamu ga tampak kayak orang Indonesia, lebih mirip orang Jepang!Bahasa Jepangnya juga bagus~). Waduh bahasa Jepang gw yang pas-pasan gini dibilang bagus...XD

Sama temen2 Jepang di welcoming party


Setelah Welcoming party, semua yang ikut Nomikai berangkat menuju sebuah bar dengan Japanese style namanya Izakaya, itu deket kampus. Barnya itu ga seperti bar diskotik deh, kayak restoran malah, dan juga ada yang tempat duduknya cuma bantal, bar itu penuh dengan kami, jadi kayak kita sewa deh bar itu semaleman..makanan datenk berturut-turut Edamame, Katsuobushi, Chicken karaage, Tofu, Sashimi, Sushi, dll. Saat semua makanan dan minuman udah lengkap, kita semua mengangkat gelas dan teriak "KANPAIIIII!!". Bener-bener bikin excited saat itu. Dan semua makanannya itu ngeyangin banget karena banyak. Suasanannya bener-bener bersemangat sampe ada temen-temen gw yang dari Inggris mabok, berdiri di atas panggung dan teriak sambil ngancungin gelasnya "Saijo sangat menyenangkan, Hiroshima sangat menyenangkan, aku sangat menikmati di sini, demi satu tahun kita di sini! KANPAI!!!" kita kanpai lagi sambil ketawa-ketawa. Oh akhirnya gw bisa melihat secara langsung gimana orang mabok...XD Kami di sana sampai jam 11 malem. Dan ada beberapa orang yang mesti dibopong karena mabok..hohoho Ada lagi satu kebiasaan di Jepang, orang Jepang sehabis melakukan nomikai, biasanya harus bertepuk tangan sebanyak satu tepukan, namanya "Ipponjime" secara bersama-sama. Satu tepukan itu pertanda bahwa Nomikai telah berakhir.

makanan lagi di nomikai..pesta minum2 dah



meja gw..ada Jeff-san juga!



Dan gw udah capek jadi langsung tidur. Hari yang bener-bener sangat menyenangkan, tapi nomikai menguras duit...XD

Yeah, petualangan selanjutnya!

0 comments: