Sunday 20 February 2011

#4 Japan Journey: Orientasi Siswa Hari Pertama

September 28, 2010

Hari ini Orientasi Day buat mahasiswa internasional khususnya kayak gw nih. Waktu Orientasi dimulai jam 9 pagi dan gw telat 5 menit, untung masih dimaklumi karna baru pertama-tama. Gw langsung masuk dan udah melihat banyak bule yang nongkrong di sono, dan beberapa orang chinese dan korea yang juga ngumpul sama komunitasnya sendiri, hanya gw satu-satunya orang Indonesia, akhirnya gw terpaksa duduk paling depan bersama seorang bule, namanya Ben Robinson, orang Australia. Pertama-tama acara orientasi adalah pengenalan terhadap semua staff international student, semuanya orang Jepang tapi sumpah bagus banget inggrisnya, akhirnya gw bisa menemukan orang Jepang yang mulutnya bisa ngomong Inggris dengan baik, terutama PA gw, Tsunematsu-sensei. Dia sih udah ga diragukan lagi, 13 tahun gitu tinggal di USA. Beberapa saat kemudian saat sesi diskusi untuk mengenal satu sama lain, ada satu cewek lagi yang masuk dalam kelompok gw, namanya Kori dari Minnesota, USA. Jadi di tim gw ada orang Aussie, 2 cewek Cina, dan satu Cewek Amrik. Kami diharuskan mengenalkan orang di sebelah kami, sebelah gw si cewek Cina, namanya Li Tian Yi. Gw ngobrol dengan Inggris gw yang terbatas dengan si Amrik dan si Aus, tapi si 2 cewek Cina malah ngobrol cang cing cong (walo kadang-kadang ngomong inggris seadanya). Enaknya bisa ngomong pake bahasa ibu, GW GA ADA TEMEN INDONESIA nih, satu-satunya di kelas ini, dan gw harus memaksa diri gw buat ngomong Inggris dan Jepang. Masalahnya, saat lu mao bergaul sama bule-bule, gw mesti berbahasa inggris, dan saat gw bergaul ama orang korea dan cina, gw harus ngomong Jepang. Karna Inggris mereka parah banget, ngomongnya udah belajar inggris dari SD tapi parah banget, gw juga dari SD udah belajar Inggris, tapi ga separah itu deh ampe kaga tawnya (gw bener2 bakal dilempa sepatu ama temen korea dan cina klo mereka taw ini..XD). Terus Tsunematsu-sensei kan biasanya nanya sama orang yang dikenalin "Apa hal yang mengejutkan bagimu di Jepang?". Jawabannya macem, ada yang bilang "Di jepang ceweknya cakep-cakep (ini mah gw jga setuju banget)" ada lagi yg ngomong "Di jepang cowoknya kayak cewek semua..XD" (ya iyalah, buktinya Chinen!!XD), ada juga yang bilang "haduh di jepang ribet buang sampahnya (EMANK!!! DI ASRAMA GW AJA ADA 6 TEMPAT SAMPAH BUAT JENIS SAMPAH YG BERBEDA!!)"

Di Jepang ada banyak banget kategori sampah, dan gw klo buang sampah harus dipisah-pisah, jadi sampah yang mudah dibakar, sampah plastik, sampah gelas kaca, sampah PET bottle, noxious rubbish, sampah ga bsia dibakar, dll.../udah pusink nih gw

Setelah sesi perkenalan, ada sesi cara beradaptasi hidup di Jepang. Tsunematsu-sensei ceritain banyak common things di Jepang yang mana sebagian besar dari itu gw udah taw. Kayak, orang Jepang ga suka sentuhan, makanya klo ngomong sama orang jepang harus berjarak 1 meter, klo kita deketin mereka, mereka bakal menjauh, itu karena orang jepang merasa risih dengan kontak fisik, apalagi sama orang yang baru kenal. Mereka tidak bersalaman untuk perkenalan pertama kali, hanya saling menunduk. Takut kepentok juga kali klo deket, kan klo nunduk butuh space yg gede..hahahaha

Juga kayak budaya senpai-kouhai (senior-junior), di sini kita harus menghormati orang yang tua dari kita dan harus menggunakan bahasa yang sopan jika berbicara dengan mereka. Budaya di sini juga ga individual tapi kelompok, saat lu melakukan sesuatu maka yang dibawa adalah nama kelompok, kayak misalnya gw berkelahi di jalan, maka yang disebut-sebut adalah "ih didikan keluarga si itu jelek" atau "ternyata mahasiswa Hirodai kelakuannya seperti itu", orang Jepang ga perduli lu itu sebagai individu apa, tapi yang mereka lihat adalah kelompok di mana lu berada. Jepang juga tepat waktu, jadi saat lu janji dengan seseorang pukul 10.13 misalnya, harus 10.13! 10.13 bukanlah 10.10 atau 10.20, 10.13 adalah 10.13. Itulah orang Jepang. Kemudian saat lu sudah mengenal salah satu atau beberapa orang jepang, usahakan tetep keep contact sama mereka. Misalnya gw kenal satu temen Jepang di sini, klo udah kenal deket, biasanya mereka akan memperlakukan lu sangat baik seperti raja, namun misalnya saat gw udah balik ke Indonesia, dan ga pernah keep contact lagi sama dia. Dia akan merasa sangat sedih kayak "Ah kenapa dia ga pernah kontak gw lagi, padahal aku ingin tahu kabarnya". Keep contact sama mereka walo cuma sekali-sekali adalah hal yang sangat baik. Karena mereka akan mengikat nama lu di hati dan pikiran mereka sekali mereka kenal sama lu. Terutama hubungan sensei-murid.

Berikutnya kami makan siang, Agak norak nih ke kantin Jepang pertama kali, ada replika makanannya dan harga, jadi kita bisa milih dan tahu harganya terlebih dahulu di bagian depan kantin. Kemudian ambil nampan, di sana standnya dibagi berdasarkan jenis makanan kayak nasi, mie, daging, makanan panas, makanan dingin, atau minuman. Gw makan udon saat itu karena rumayan murah dibandingkan makanan yang laen sekitar 177yen. Ada juga yang mengenyangkan dan murah yaitu kare tapi gw lagi bosen makan kare..XD Kami jadi pusat perhatian karena kami ber30-an dan kebanyakan bule makan barenk, dan roamingnya itu bener-bener manteb, ada yang ngomong inggris, yang komunitas korea ngomong korea, yang komunitas china ngomong mandarin, nah gw? Sok dempet-dempet ama bule aja deh, karna gw paling ngerti inggris...Gw makan sama temen Austria cewek, satu temen Perancis, dan satu temen Jepang. Pembicaraan kami mostly pake bahasa Jepang, walo ada kata-kata yang gw masih ga ngerti tapi mostly gw ngerti garis besarnya. Terus gw tanya sama si cewek Jepang "Jyanizu ga shitteru? (you now Johnnys?)", terus dia jawab "Dare jyanizu? (who's Johnnys?)", gw ngomong lagi "Johnnys Entertainment!!". Terus dia langsung ngomong lagi "Ah!! Shitteru!Shitteru! Arashi toka, SMAP toka da yo ne!" Eh si Cewek Austria langsung nimbrung "Nishikido Ryo ga daisuki, watashi wa", dan abis itu kita ngomongin JE, hana yori dango, dll. Si Cowok Perancis diem aja..terus si temen Jepang gw nanya ama temen perancis gw "Jyanize ga shitteru?". Si Cowok perancis ngomong cuma satu kata "YAMAPI?". YAPPARI, abang gw emank terkenal, bahkan ampe di kalangan cowok Perancis...LOL Singkat cerita, abis makan, kita harus memisahkan antara sendok sumpit garpu dengan piring mangkok dan sejenisnya...sendok dan sumpit diletakkan di wadah yang sudah disediakan, sementara nampan dan piring serta mangkok diletakkan di atas suatu wadah berjalan yang menuju ke sebuah ruangan pencucian..wow keren deh...XDD


Ini temen Austria sama temen Perancis gw..hohohoho



Sesi terakhir dari Orientasi hari ini adalah pendaftaran buat kartu Alien oleh petugas-petugas dari Pusat Pemeintahan Higashi-Hiroshima. Kita ini klo ke Jepang disebutnya Alien, jadi semua orang luar yang ingin tinggal di Jepang lebih dari 3 bulan harus membuat kartu Alien, gw juga membuat kartu national helath insurance, sama surat keterangan bahwa gw student dan ga perlu membayar iuran pensiun. Kartu Asuransi Kesehatan itu gunanya nanti buat gw sakit, supaya biayanya lebih murah. Klo gw sakit dan ke rumah sakit, tinggal nunjukkin kartu tersebut, gw dapet diskon 70% buat biaya rumah sakit, tapi gw diharuskan membayar iuran kesehatan setiap bulan sebesar 2000yen. Untuk National Pension, karna status gw student jadi gw ga perlu bayar iuran pensiun, itu mahal banget, mencapai 15rebu yen per bulan. Tapi saat lu udah pensiun nanti, lu bisa ambil duit yang elu setor tiap bulan itu. Pokoknya teratur deh hidup di Jepang. Gw juga memesan sertifikat alien dari Pusat Pemerintahan supaya bisa membuat rekening bank dan beli handphone, tanpa itu gw ga bisa apa-apa...hohoho

Setelah itu Orientasi hari pertama selesai.

Malamnya gw cuma jalan-jalan di mall namanya You Me Town buat nyari makanan diskon. Sempet terkejut liat bawang putih 5-7 siung harganya 105yen (10500rupiah)?? Bhuset, klo di Indo harga segitu bisa dapet bawang putih sekilo kali ya...hahahaha

Petualangan selanjutnya!

0 comments: