Monday 13 December 2010

#3 Japan's Journey: Pindah ke Asrama

September 27, 2010

Hari ini gw bangun pagi-pagi karena gw ada janji sama Vivi (anak S1 di Hiroshima University yang dikenalin sama Kak Adi), Vivi akan mengantar gw ke Hiroshima University buat pindahan dari apartemen menuju asrama.Ah tidak, gw akan menggerek koper 20 kilo lagi dari apartemen menuju kampus...itu bener-bener bikin tangan gw sakit. Ngerasa sedikit sedih juga berpisah darikamar apartemen yang sudah menjaga gw selama 2 hari ini (lebay mode on). Jam 8.45 pagi, Vivi mengetuk kamar pintu apartemen gw, gw juga udah siap. Kami berjalan beberapa ratus meter menuju halte untuk naik bis menuju Hiroshima University. Di Halte tuh ada jadwal bus kapan aja berhenti, wah gw liat, ada jadwal jam 9.10 pagi bus akan datang, karena ini Jepang, gw pengen buktiin, tepat waktu ga nih bus. Sambil ngobrol sama Vivi, gw ngeliatin jam, pas udah tinggal satu menit lagi menuju 9.10, gw menghitung mundur dari detik ke 60, 59, 58,....pas di hitungan ke 10...bus itu berhenti! SUGEEE~~ enak nih klo begini...hidup serasa ga sia-sia, waktu ga kebuang...ga kayak Indonesia, gw udah jadwal-in kegiatan gw sesuai dengan jadwal kereta api, eh kereta apinya malah telat setengah jam-lah, uh bikin orang sebel. Saat menaiki bus, gw udah ga norak lagi donk, walo gw minta tolong sama Vivi buat ambilin tiket gw karena tangan gw nenteng tas koper 20 kilo. Di bis gw sama Vivi cuma mengobrol, Vivi udah hidup di Jepang selama 3 tahun, dia dapet monbusho buat program D2, dan dia sekarang ngelanjutin S1 di Hirodai dengan beasiswa yang kurang dari beasiswa monbusho sekarang. Kita ngobrol pake bahasa Indonesia dan emank berisik sih, abis walo tuh bis penuh tapi ga ada orang yang ngomong, orang-orang pada ngeliatin kita gitu, mungkin mereka bilang dalem hati "Pantes berisik, bukan orang Jepang sih..."XDDD ato mungkin "eh emank ini tanah nenek moyang lu!ini Jepang woy!!"XDD.


Hiroshima University, my university..pintu gerbang

Pas pertama kalinya sampe di kampus, gw langsung bilang, bhuset nih kampus gede amat! emank sih belom segede UI, tapi gede lah, klo jalan kaki mah, amsiong juga jadinya. Makanya gw liat banyak mahasiswa situ pake sepeda, lebih enakeun. Beberapa pohon udah jadi merah daunnya, bagus banget "sasuga, jadi ini yang dibilang anak JUMP fall colour...bagus emank!". Gw diantarkan Vivi ke Student Plaza untuk bertemu dengan Akagi-san, petugas dari Hiroshima University yang menangani international student, Akagi-san ini orang yang sering mengirim email pemberitahuan juga ke gw. Seharusnya gw menemui dia jam 11, karena tutor gw juga datenk jam 11, tapi karna gw udah datenk sejak jam 10, jadinya gw belom bisa nemuin tutor gw...gw disuruh jalan-jalan sekitar kampus aja. Kemudian Vivi nganterin gw ke perpustakaan, siapa taw gw mao baca buku atau koran gitu. Bukan perpus pusat sih, tapi itu perpus cukup gede, dan ada internet akses juga. Pas liat2 komputernya, itu kok CPUnya kecil yah kayak DVD-writer aja...canggih bener..itu ada alat hitam segede kartu di bawah monitor buat apa ya? Karna serasa rumah sendiri, gw nyalain aja komputernya. Eh seperti yang gw duga, ternyata perlu kartu mahasiswa, Itu kartunya kudu diselipin di alat item itu, baru dia mendeteksi, gileee..canggih bener nih kampus..karna gw yang desperate pengen nge-net, gw coba-coba aja masukin kartu mahasiswa gw di UI, sapa taw gitu accessible...XD Eh pas gitu ada tulisan "Maaf, kartu anda tidak terdeteksi!" AAAAAA...DOUSHIYOUUU.gw udah bete kaga ngenet nih...akhirnya gw baca buku yang gw beli di Indo aja deh...Sambil baca buku gw liatin orang-orang yang lalu lalang di di perpus, terus klo cowok gw beda-bedain dari pakaiannya dan gayanya "ini metroseksual...ini asli Japanese otoko...". Tentu saja yg metroseksual rambutnya di cat, ada anting, pakaian juga fashionable, dan sepatu...uwaaaahhh itu sepatu gw pengenin semua...klo yg Japanese otoko..rambut hitam..hampir ga ada style rambut khusus, cepak ato botak..pakean kemeja biasa ato kaos dengan kemeja..dengan sepatu yg modelnya biasa aja. Yah bisa dikategorikan cowok kaya dan cowok miskin juga sih...hahahaha

Singkat cerita, udah jam 11 dan gw kembali lagi ke Akagi-san buat menemui tutor gw. Surprise juga ternyata Tutor gw itu bule, gw kira orang Jepang. Dia langsung nyapa "Hello my name is Santi, I'm your Tutor". Gw agak ga yakin karna nama Santi kan nama cewek di Indonesia, terus gw ngomong "excuse me?". Dia ngomong lagi "My name is Santi, Santiago!!". OH SANTIAGO, klo siang SANTIAGO, klo malem SANTI ya (gw bakal dibekep ama Santi klo ketauan gw ngomong gini...XDD). Ngobrol punya ngobrol ternyata dia orang Spanyol yang lahir di Jepang, orang tuanya 2-2nya Spanish tapi nihongonya jago kok dia..dia bahkan lebih bagus nulis kanjinya daripada gw. Lu kira badan dia gede, tinggi dan berotot? Sama sekali gak! Dia tinggi, tapi ga berotot, skinny kayak orang Jepang...sasuga..emank dia bener-bener lahir di Jepang....XD Kemudian Santi mengantarkan gw ke Asrama untuk meletakkan segala koper dan barang-barang gw. Asrama gw berada di atas danau dengan dikelilingin hutan. Bahkan ada papan bertuliskan "awas Ular". Gw pindah ke Jepang tapi tempat tinggal gw kok tetep mirip ama UI yang ada di tengah hutan dan banyak ular sih??huhuhuhu...Kesan pertama pas gw sampe di kamar gw adalah "KECIL!!!!", pantes orang jepang kecil-kecil, tinggalnya aja di kamar kecil begini. Ada AC, tempat tidur, ada meja belajar, dan ada lemari buku, and Toilet TAPI KENAPA GA ADA LEMARI BAJU??!! AAAAAAA....whatever it is, gw mesti bersyukur. Abis itu gw mengambil barang-barang warisan yang ditinggalkan Kak Eka (penerima program yang sama dengan gw tahun lalu) di asrama cewek. Ada banyak banget! termasuk futon, kotatsu, bumbu2 masak, gelas, rice cookerm water kettle, dll pokoknya barang-barang dasar dan kebutuhan sehari-hari deh, makasih yah Kak Eka!

Gw dan Santi harus bolak-balik 2 kali dari asrama cewek ke asrama cowok untuk mengambil barang-barang tersebut. Untung ada Santi yang ngebantuin gw bawa barang-barang ini. Klo ga bisa mati amsiong gw lemes bawanya...XD Asrama gw, kamar mandinya share, dapur dan kulkasnya juga share. Di kamar mandi juga ada aturannya, klo pake shower mesti hadepin showernya ke tembok biar ga membasahi ruangan depan lah, klo abis mandi matiin lampu, dll. Ada 3 kamar mandi shower dan satu kamar mandi bathub. Dan dapur, cukup lengkap, tapi agak messy. Ada laundry mesin cuci koin juga..dan ada pengeringnya..sekali nyuci 150yen, alias 15 rebu. Abis itu Santi ngenalin gw ke beberapa tempat di kampus dan ngajak gw ke mall deket situ supaya gw taw klo gw bisa belanja kebutuhan sehari-hari di mana.

Malam menjadi membosankan karna gw belom punya akses internet dan ga ada laptop juga. Akhirnya gw ke bawah buat nonton TV di ruang bersama. Lucky ada acara SMAPxSMAP, padahal gw ga taw tayangnya hari apa. Special 2 jam lagi SMAPX SMAP nya. Yang bagus sih SMAPxSMAP paruh kedua, judulnya "Honto ni Atta Kowai Koi", jadi itu kayanya buat promosiin single terbaru SMAP juga deh, gw lupa judulnya tapi di akhir acara gw liat PV nya sih. Tapi yang menarik sih film pendek di SMAPxSMAP yang masing-masing dibintangi oleh membernya SMAP yg berkaitan dengan honto ni atta kowai koi (cinta yang sangat menakutkan). Paling bagus tuh cerita Kusanagi, mana ceweknya Maki lagi...AAAA..jadi ceritanya Kusanagi tuh cowok yang gila pengen selalu melakukan pairing things sama pacarnya kayak baju sama lah, gelas pasangan, tas pun sama. Sampe pada akhirnya Maki kepotong piso waktu lagi masak pun, Kusanagi ikut motong jarinya..gileee..terus suatu saat pas kencan, Kusanagi datenk dengan tangan digips, katanya patah karena kecelakaan, terus dia paksa Maki supaya matahin tangannya juga.."Kamu cinta aku 'kan? waktu tanganmu berdarah, aku juga ikut memotong tanganku, sekarang giliranmu untuk membuktikan cintamu, bagus kan?".GILE SEREM...yang laen sih agak lucu ceritanya menurut gw....XD Bagus deh, kalian mesti download..XD

Petualangan selanjutnya!

0 comments: