Monday 13 December 2010

#2: Japan Journey: Hari Kedua

September 26, 2010

Hari kedua, gw agak siang euy karna kemaren bener-bener kecapekan karna jet-lag dan baru tidur jem 1 pagi. Taw ga kenapa gw ga langsung tidur pas baru nyampe kamar? GW NONTON TV!! Norak banget dah, abis acaranya seru sih..anak SMAP di mana-mana, terus ngeliat acara Domoto Tsuyoshi yang menjalani hidup kayak biksu sama seorang biksu, geblek banget...XD Jem setengah 8 bangun tidur, langsung nyetel TV lagi...acaranya berita semua kayak mezamashi TV, dll. Eh ada laporan konser NEWS di Tokyo Dome!! Gw langsung berteriak gejeh di kamar, untung sendirian, gw bilang dalam hati "INI NIH YG SERING GW DOWNLOAD DI LIVEJOURNAL, VIDEO-VIDEO GA PENTING KAYAK GINI...XDDD", bener-bener ga penting deh, itu berita cuma sekilas, ga nyampe waktu satu PV...hahaha tapi nonton itu membuat gw yakin klo gw emank udah sampe di Jepang.Terus CM Arashi di mana-mana, gw ampe bosen liatnya, iklan minuman bir apa gitu KIRIN ya..gw lupa dah. Tapi yang membuat paling bosen adalah berita nelayan Cina yang ditahan oleh Pemerintah Jepang akhirnya dibebaskan, beritanya dari pagi, siang, malem, ada terus. Ternyata ga hanya Indonesia dan Malaysia yang ribut soal perbatasan laut, China dan Jepang juga ribut mulu soal perbatasan, itu cuma satu nelayan, China udah marah-marah dan menuntut Jepang minta maaf, klo Indonesia, 3 polisinya ditangkep dan digebukin juga tetep diem aja, malah dibarter sama pencuri ikan...miris memang klo kita bandingkan.

Gw masih di kamar ampe menjelang siang, sampai akhirnya ada orang yang mengetuk pintu kamar gw. Pas gw buka, dia adalah Vansel, anak yang masih kecil dari suami istri Indonesia yang tinggal di satu lantai atas gw, kemarin malam gw dikenalin sama Kak Adi ke mereka. Vansel bilang gini, "Kak, mao TV ga?". Gw nangkepnya dia ngajak gw nonton TV di kamarnya, makanya gw bales "Aku lagi nonton TV sekarang". Si Vansel tampaknya ga taw ngomong apa lagi supaya gw bisa ngerti maksudnya, akhirnya dia lari ke tangga dan naik menuju kamarnya, gw masuk ke kamar lagi tanpa memikirkan terlalu banyak. Beberapa saat kemudian, ada lagi yang memencet bel kamar apartemen gw, pas gw buka, itu kakaknya Vansel. Dia ngomong, "Kak, kata papa, kakak mao dikasih TV sama papa buat di asrama, mau gak?" Dalem ati gw "OOOOOOOOO...mao kasih TV". Eh Bhuset, baru kenal semalem tapi gw udah ditawarin TV, baik banget. Tapi klo mengingat lagi obrolan gw semalam sama mereka, bahwa di Jepang tuh, gampang banget dapetin barang elektronik bekas tapi masih bagus banget contohnya TV, kulkas, atau microwave. Kenapa bisa terjadi seperti itu?


Di Jepang, gw baru taw klo orang mau buang barang elektronik itu mesti bayar untuk biaya recycle. Dan bayaran itu tergantung besar dan berat barang yang ingin dibuang. Bisa mencapai 2000 - 10000 yen per barang. Makanya orang Jepang biasanya hanya meletakkan sampah elektronik mereka di koridor atau di tangga ato di mana saja, dan orang-orang dari Indonesia ini yang akan memulungnya...hahahaha


Oh iya, akhirnya gw bisa nonton School Kakumei secara langsung!! Abis ngakak gw liat Chinen sama Kasuga-san joget-joget hyper..AAAA Abis itu acara TV mulai membosankan, gw udah bosen pengen nge-net. Bayangkan di Indonesia gw nge-net tiap hari, tapi pas nyampe Jepang, gw malah ga bisa nge-net..sungguh menyayat hati. Akhirnya gw pergi ke kamar suami istri Indonesia yang ada di atas satu lantai itu, gw nyari temen ngobrol. Pak Frengky (suaminya), menyarankan gw jalan-jalan di luar, dia akan meminjamkan sepedanya buat gw. Dan gw akhirnya jalan-jalan dengan sepeda Pak Frengky. Singkat cerita gw mampir ke satu mall di sekitar apartemen, namanya "Fukuya", dari namanya aja kita udah taw itu toko baju. ITU BAJU2 BIKIN MUPENG SEMUA..BAGUS-BAGUS...MY STYLE BANGET DAH! Dari jauh sih bagus, dari deket, gw pingsan liat harganya...APA ITU SEPATU WARNA WARNI KESUKAAN GW 15REBU YEN, EH FUKUYA! LO MAO NGERAMPOK GW APA...dunia ini sungguh kejam..gw hanya bisa mengelap air liur yang menetes sambil berjalan lunglai menuju pintu keluar...harga segitu masuk akal sih, jepang gitu loh. Headphone Yamada aja yang cuma gitu doank 15rebu yen...tunggu aja klo gw dapet baito..gw serbu semuanya!!!XDD

Lemes melihat harga, gw pulang lagi ke apartemen, udah gerimis juga sih saat itu, jadi pulang aja deh. Gw kembali ke kamar Pak Frengky dan menanyakan apakah ada internet cafe di sekitar situ karena gw udah gatel pengen internet-an. Pak Frengky bilang ga ada, tapi ada akses internet gratis di bawah tapi hanya boleh 1 jam maksimal. Gapapa deh, daripada ga ada. Gw dianterin oleh kakaknya Vansel ke bawah, di lift ketemu orang negro. Ibu-ibu negronya SKSD gitu lagi ngomong "HI, WHERE ARE YOU COME FROM?". Gw jawab aja "I'm from Indonesia". Terus dia bales, "Ah Indonesia, (sambil mikir2terus ngomong lagi dia) Indonesia, ah SELAMAT PAGI!". Gw cuma senyum-senyum sambil ngomong di dalem hati "WOY INI UDAH SORE!" XDD.

Menjelang malam, gw pergi ke konbini buat beli makanan diskon, gw udah taw dah, semua supermarket di Jepang mulai jem 8 selalu kasih diskon ke makanan yang dimasak hari itu. Gw nyari yang diskon sampe setengah harga, dapet NIGIRI SUSHI DAN INARI SUSHI murah! cuma 200-an yen 2-2nya.

NIGIRI SUSHI!! oishii neee


Satu lagi yang bikin gw norak. Pintu masuk apartemen gw di lantai 1 pake kode, jadi klo ngebukanya mesti ngetik kode dulu terus baru kebuka pintunya. Seru banget!!! Terus semua pintu di sini biasanya kebuka otomatis, pintu-pintu fasilitas umum ya. Dan lampunya kalo malem, itu gelap ga ada yang nyala, tapi kalo kita lewat, dia langsung nyala sendiri!! Hebat deh...jadi bisa menghemat listrik gitu..nyala klo ada orangnya doank..hahahaha Terus iseng-iseng gw ga lewat tapi cuma ngelempar buku, eh dia nyala, berarti tuh lampu pake sensor gerak dan bunyi ya (iseng sih tapi penasaran..hahaha)

Petualangan selanjutnya!!

0 comments: