Monday 12 October 2009

Highlight #10: Jak-Japan Matsuri 2009, Saikou!

Inilah acara yang gw tunggu-tunggu selama seminggu ini. Jak-Japan Matsuri 2009! Event ini mungkin akan menjadi acara tahunan rutin yang dilakukan oleh Pemerintah Jepang dan Indonesia sebagai wujud persahabatan kedua negara yang terikat begitu lama.
Ya kita sudahi penjelasan yang rumayan membosankan itu. So kite langsung aja masuk pada apa yang udah gw alami di event tersebut.

Gw datenk tepat waktu sekitar jam 1 ke acara itu, langsung gw menemui Lauren buat ngambil tiket gw, dan gw mengantarkan tiket buat Jenny dan teman-temannya..XD
Saat masuk, udah rame banget padahal kan itu baru pembukaan. Dan hal yang pertama gw liat adalah pertandingan sepak bola anak-anak kecil sekitar umur 8-9 tahun antara anak-anak dari Jepang dan Indonesia. Dan gw malah dukung tim Jepang. Abis anak-anaknya bener-bener kawaii semua broooo....pedo deh gw, tapi bodoh amat..emank lucu-lucu semua...terus klo mereka ngomong nihongo gitu lucu abis. Logatnya kentel mampus, padahal mereka bisa bahasa Indonesia juga. Lucu banget deh.
nih sebagian anak-anak Jepang itu..XD


Selanjutnya gw keliling-keliling nyari makanan n pernak-pernik, tapi takai mampus semua. Dan gw cuma bisa ngiler doank. Tapi gw berburu barang gratisan donk, uchiwa dan tas eco....hohoho.

Nah pas siang-siang, ada orang Jepang di depan gw tiba-tiba ngomong,
”Omikoshi!Omikoshi!Yang mau ikut ayo sini“
Widiw asik nih. Dapet pengalaman Omikoshi. Gw ikut-ikut aje deh. Jadi buat yang ga taw Omikoshi itu apa, Omikoshi adalah sebuah miniatur dari kuil Shinto, orang Jepang mempercayai klo di dalem miniatur itu ada dewa, jadi kita menggotong-gotong kuil itu (sama deh ama kegiatan gotong toapekong di Tangerang). Nah gw dikasih Happi (baju tradisonal Jepang juga) buat ikut partisipasi ngangkat Omikoshi. Berat banget boo, padahal itu baru Omikoshi yang kecil, beratnya sekitar 250 kilo, klo Omikoshi yang gede mungkin mencapai 750 kilo kali. Dan sakit bahu gw karna ngangkat tuh Omikoshi masih kerasa ampe sekarang...T.T
ini foto gw sama Omikoshi-nya


sebelum ngangkat, pas gw pake happi (baju matsuri)


Menjelang sore gw nonton Taiko Okinawa Eisan dan Tari Yosakoi...keren banget tuh...
Gw kan emank suka sama musik-musik etnik palagi Okinawa, terus Yosakoi juga keren, bener-bener bikin pengen nari...soalnya semangat banget terutama Yosakoi versi kedua. Ada yang ngibarin bendera gede banget...!!

Saat acara malam gw nonton Singout Asia, nah di sana ada grup Enjami (Dewa Laut) yang berasal dari Okinawa, Jepang. Mereka membawakan lagu-lagu dengan nuansa etnik. Mereka bahkan nyanyiin lagu dari Bali. Dan yang paling merinding pas mereka nyanyi lagu John Lennon, Imagine All People. Sumpah, itu bikin gw berkaca-kaca, apa gw lagi melankolis ya, soalnya saat gw mendengar liriknya dengan swara mereka, bener-bener jadi merinding dan pengen nangis. Dan kata-kata dari salah satu personel Enjami bikin gw sangat terharu, dia ngomong gini:

“Indonesia dan Okinawa memiliki lingkungan yang hampir sama (sama-sama tropis dan panas), cara hidup kita hampir sama, kita makan masakan yang sama (nasi, ikan, sayur), kita memasak dengan cara yang sama, jadi tidak ada alasan bagi kita untuk tidak berteman kan?”

Acara puncak dari Singout adalah, munculnya kolaborasi para artis Asia Tenggara. Mereka bergabung untuk membuat dunia lebih baik dengan musik. Mereka adalah Imel (Vokalis Ten2Five from Indonesia), TomYa (From Thailand), Julia (From Philippines), Tomoyo (Vokalis Enjami from Japan), dan Lang(from Laos). Pas yang dari Laos dipanggil, semua cewek-cewek pada teriak, yah jelaslah pada teriak, ganteng sih..hahaha. Mereka nyanyi 3 lagu, dan semuanya enak-enak. Lagu-lagu tentang perdamaian dunia gitu sih. Klo kata gw sih, dia (si artis Laos) mirip banget ma Jo In Sung. Setelah mereka tampil, gw dan temen-temen langsung ngincer mereka buat foto bareng! Dan asik dapet foto sama mereka semua! Mereka tuh ramah banget, terutama yang dari Thailand sama Filipina. Tom Ya dan Julia, I LOVE U deh! Rata-rata mereka semua baik sih, tapi yang paling terlihat baik, tuh mereka berdua. Yang Laos tuh baik juga tapi masih terkesan jaga jarak dan cool gitu..haha.

Abis Singout, masih ada acara yang masih ga kalah seru, penampilan Hono-o-Daiko, GILA!! KEREN BANGET! Selama ini cuma liat di Youtube, dan sekarang gw bisa liat LANGSUNG LIVE Mereka! Bener-bener KEREN! Duh mereka tuh maen Taiko nya manteb banget...pantes deh klo mereka tuh mendunia abis. Sayang ga bisa foto bareng mereka, padahal udah ketemu dan ngomong, tapi mereka tampaknya buru-buru sekali.
Mereka bilang ”Sumimasen“ sambil nunduk gitu! Duh, ampun, sopan banget!! Sampe minta maaf gitu...jadi ga enak.

Acara penutupan dan yang gw tunggu-tunggu adalah BON OODORI! Always ya, setiap matsuri, gak lengkap klo ga ikut bon odori. Kayak sayur tanpa garam loh....Semua lagu odori yang gw suka keluar semua! Kayak Pichara dan Wa Ni Natte Odorou~
Walhasil badan gw keringetan nari Bon....hohoho
Gw balik sekitar jam 9 malam dari Monas. Dan gw sampe di rumah sekitar jam 11. Tsukaremashita ne~ Tapi seneng abis, Semoga tahun depan , bisa lebih heboh lagi! Semoga persahabatan Indonesia-Jepang semakin langgeng deh. Pak Kedubes Jepang, tolong undang artis-artis JE donk!hahaha….

6 comments:

chi_fik said...

seru....kemarin bener-bener seru....

iya tuh sing out asi keren banget
lagunya enak2...

aih..aih...
denger lg imagine dirimu pengen nagis...
emang sih liriknya dalem banget...

ya semoga saja tahun depan ada lagi dan jauh lebih meriah...
sebagai bukti persahabatan indo-japan...

ki-se-ki said...

iya ci..
bener2 ga nyesel deh datenk...

iya ci..
aku dulu cuma suka karna lagunya enak kan..
nah sekarang pas ngedengerin liriknya secara seksama..
jadi pengen nangis...huhuhu

iyaaa..
makin meriah lagi..
moga2 anak JE diundang juga..LOL

U-maku Eisa Shinka Indonesia said...

ARIGATOU GOZAIMASHITA~!!! m(_ _)m
Terima kasih udah menggila bersama U-maku Eisa Shinka di Monas!! \^0^/

Tertarik untuk ikutan Taiko Okinawa (Eisa)??
Selama bulan November 2009, U-maku Eisa Shinka akan buka pendaftaran anggota baru. Tunggu info lengkapnya. Pendaftaran anggota baru selanjutnya buka bulan Mei 2010 loooh...

Info pendaftaran:
group facebook: U-maku Eisa Shinka Indonesia
http://umakueisa.multiply.com
http://www.friendster.com/umakushinka

ki-se-ki said...

wah bisa yaa..
daridulu pengen banget gabung jadi penari eisa gitu..
tapi ga taw d mana daftarnya dan gimana caranya...

thanks for info..^^

U-maku Eisa Shinka Indonesia said...

@ ki-se-ki:
waaah bisa banged kok ^_^

Pendaftarannya dibuka tanggal:
8, 15, & 29 nov jam 11 siang - 5 sore di gelora bung karno, senayan.

1 november di psiko ui, jam 2 siang - 4 siang.
22 november di unj kampus A (bunkasai unj) jam 1 siang - 3 sore.

Biaya pendaftaran 20ribu rupiah. uang kas per bulannya 5 ribu rupiah. jgn lupa bawa foto (3x4) yawh... gak mesti foto resmi, yg penting keliatan mukanya ^_^

informasi lebih lanjut:
Pepen 0856-8188094 atau 021-98348975
Heti 0817-9141908

ditunggu looowh...

Anonymous said...

Hi Looking for new online cockfight betting? Here's a site that will sure give you the best online cockfight betting. It is where big bettors are rolling in! Join the Sabongking.com match betting, with a minimum deposit of Php2000. Feel the excitement as it happens inside the cockpit arena: Big derbies, big bettor and clearest video. Feel the adrenalin rush as you watch and place your bets. Be part of the action and not a mere spectator! Be the SABONGKING ! A true gamecockers don't just watch they BET. So start loading your Sabongking virtual points now. Visit the site and SIGN UP! www.sabongking.com