Thursday 10 December 2009

Kuala Lumpur Part 2-1: Hari Pertama Konferensi (16 Nopember 2009)

Gw terbangun sekitar jam 5 pagi waktu Malaysia yang klo di Jakarta tuh masih jam 4 Subuh. Gw ngeliat room mate gw yang masih ngetik ngerjain tugas. Salut dah gw bro, dia bener-bener begadang. Gw masih ngantuk berat tuh, karena gw kemaren tidur jem setengah 3 pagi, remember? Jadi gw cuma tidur sekitar 1 setengah jam-an. Karna masih pengen tidur bentar lago, gw membiarkan roommate gw mandi duluan deh. Dan gw melanjutkan tidur gw. cuma 15 menitan juga sih. Abis itu gw mandi. Karena mandi pagi begitu dingin, gw mandi pake aer panas bro. Dan gw ngerendem di bak deh pake aer panas, biar gw fit hari itu, abis tidur aja cuma sedikit, jadi butuh penyegaran gitu.
Jam setengah 6 lewat berapa gitu, gw dah turun ke lantai lobi hotel bawah memakai baju YES2009. Namun terjadi kerancuan di dalam kontingen Indonesia. Ada yang memakai batik, ada yang memakai baju YES2009. Karna emank gw pengen pake Batik, dan nunjukkin klo Batik Indonesia tuh lebih baik dari Batik Malaysia, so gw tuker pake Batik deh, udah siap-siap juga di tas. Abis kontingen dari beberapa negara laen juga heboh2 pakeannya, ada yang pake suit gitu. Tapi Indonesia adalah satu-satunya kontingen yang memakai pakaian tradisional hari itu. Kita adalah Pasukan Batik yang jadi pusat perhatian! XD. Kami didapuk untuk naik ke bus sekitar jam setengah 7 pagi. Masih gelap boo, ya iya, kan klo di Jakarta masih jam setengah 6 pagi :p. Kami akan menuju tempat konferensi yaitu Putra Jaya International Convention Center (PICC). Di dalam bus, tak henti-hentinya para anak kontingen Indonesia bersenda gurau. Ada juga sih yang tidur, emank ngantuk sih, gw juga tidur-tidur ayam di dalem bus gitu. Perjalanan dari hotel menuju PICC memakan waktu sekitar 1 jam.

Saat sampai masih terkagum-kagum dengan bangunannya yang begitu elegan dan tampak mewah. Didukung dengan interior dalemnya yang juga mewah sih. Sampai di sana, semua pasukan Batik berkumpul dulu untuk berfoto ria. Saat masuk ke dalam, semua pemuda sudah berkumpul di depan gerbang mirip gapura buatan gitu di dalem PICC itu yang bertulisan YES2009 (Youth Engagement Summit 2009). Di depan gapura tersebuat ada stand-stand yang berdiri. Salah satunya stand Air Asia yang berisi 2 pramugari cantik dan satu mobil balap F1. Gw kaga sempet foto ama mereka di hari pertama. Soalnya gw sibuk berkenalan dengan para kontingen dari negara lain seperti Filipina, Vietnam, Malaysia, dan Thailand. Si koei malah nyari cowok ganteng (bhuset tetep ya mba??XD). Emank banyak loh, yang dari Thailand mirip2 orang Jepang cowoknya, klo yang mirip cewek jepang itu cewek Vietnam. Kemudian kami berfoto-foto juga di depan banner YES2009 yang bener-bener gede banget. Hampir semua kontingen dari seluruh negara foto di sana. Gw dan koei ngerasa BeTe gitu karna konferensi belum juga dimulai. Akhirnya kami naik ekslarator dan cari sofa. Terus karna Koei bawa laptop, hotspotan gratis deh. Kan seluruh gedung free Wi-Fi. Dan tetep yang dibuka tentang fandom dan facebook (biar di Malaysia tetep update status boo..:p), bener-bener kaga mao ketinggalan…hahaha. Masih inget banget gw, saat itu berjibun upload-an PV Yamapi dan stuff2nya, tapi gw ga bisa download..abis lemot klo download…hiks

Jam 9 pagi kami disuruh masuk ke ruang konferensi yang berada di lantai 5, naik eksklarator..capek deh. Sebelom memasuki ruang, kami dicek dulu gitu di gapura YES2009 yang tadi gw bilang. Kami dicek kartu masuknya, kan di kartu masuknya ada semacam hologram gitu, terus panitianya ada semacem alat inframerah mendetek kartu gw, sumpah gw jadi ngerasa barang supermarket yang lagi di kasir dan diperiksa garis bar produknya gitu sama alat yg merah2 itu. Nah abis gw emank terdeteksi sebagai peserta, gw dipakein gelang merah YES2009, terus dipersilakan naik deh.

Karna ini baru pertama kali, kita semua bener-bener norak deh, masih foto2 di mana-mana, Entah di depan banner kecil atau di depan kata YES2009. Sampai di lantai 5, kami masuk ke ruang konferensi, dan gileeee..bener2 mewah dan bagus banget. Kita langsung aje foto2. Dengan dua layar TV besar di kiri kanan dan panggung yang luas, serta tempat duduk yang dapat menampung 2000 orang kali ya?

Konferensi dibuka dengan band lokal gitu yang menyanyikan theme song YES2009. Saat itu gw ga taw judulnya apa, tapi pertama kali didenger, lagi itu sungguh membuat semangat. Sangat berapi-api gitu. Kami juga diajak berteriak “South East Asia, YES I CAN!”. Sungguh bener-bener bikin semangat dan rasanya, diri lo jadi gede dan bangga jadi pemuda Asia Tenggara.

Setelah pembukaan yang begitu dahsyatnya, kemudian masuk salah satu pembawa acara berita terbesar di dunia, Lorraine Han. Dia adalah pembawa acara wanita caliber yang berkecimpung di CNN, kepiawaiannya menjadi moderator, sudah tidak diragukan lagi. Lorraine Han memberikan pembukaan dan perkenalan tentang YES2009, dan juga mengajak para peserta konferensi untuk berteriak menyambut salamnya.

Selanjutnya Kata sambutan pertama diberikan oleh Y Bhg Datuk Johan Jaaffar, dia adalah penasehat kegiatan YES2009 sekaligus CEO dari Media Prima yang menjadi salah satu sponsor utama YES2009. Intinya sang Datuk mengatakan bahwa Asia Tenggara membutuhkan para pemuda untuk melakukan perubahan, dan kita tahu bahwa pemuda Asia Tenggara dapat melakukan itu semua, makanya dia mengadakan dan mendukung penuh tentang adanya konferensi seperti ini.

Sambutan selanjutnya diberikan oleh Khailee Ng sebagai Direktur dari Komunitas Pemuda di YES2009. Khailee menceritakan bagaimana kisah-kisah gebrakan para pemuda di Asia Tenggara, apa yang bisa mereka lakukan, dan bagaimana itu dapat memberikan pengaruh perubahan di Asia Tenggara. Gw sangat menyukai cara ngomong dia yang khas, penuh intonasi dan penghayatan yang membuat lo merasa masuk ke dalam apa yang dia omongin. Dia mengobarkan semangat kami, para pemuda, bahwa kita, walau masih muda, dapat melakukan perubahan. Dia juga melaporkan kerja kerasnya selama ini untuk mengadakan YES2009.

Sambutan terakhir diberikan oleh Harmandar Singh selaku Organizing Chairman of YES 2009. BapaL keturunan India yang selalu memakai sorban khas India ini menceritakan bagaimana YES2009 bisa diadakan. Jadi kegiatan ini terinspirasi dari Barrack Obama, yang kita semua tahu bahwa slogan Obama adalah CHANGE! Oleh sebab itu, Bapak Harmandar sangat menginginkan Obama datang ke konferensi ini untuk memberikan inspirasinya pada seluruh pemuda Asia Tenggara. Namun sayang, walau Bapak ini telah 3 kali bulak-balik Gedung Putih, Obama tetap saja tidak bisa mengisi dalam konferensi tahun ini. Tapi Bapak Harmandar tidak akan menyerah, dia berjanji akan membawa Obama dalam konferensi YES2010! Saya tunggu loh Pak!

Setelah itu, jam menunjukkan pukul 10.00, waktunya Coffee Break. Namanya Coffee Break pasti minum kopi, tapi gw minum teh..haha. Break ini juga dimanfaatkan para peserta untuk berkenalan dengan para kontingen dari negara lain, termasuk gw. Satu hal yang menarik perhatian gw adalah, BALKON! Gw keluar ke balkon dan ngeliat pemandangan dari lantai 5, bener-bener bagus. Lo bisa liat bangunan-bangunan Malaysia yang memiliki arsitektur unik dan tata kota yang rapi. Salut gw buat hal ini, karena tata kota Jakarta tuh jelek banget. Karena kayaknya nih entry udah panjang banget, gw lanjutkan nanti ya. Lanjutannya masih konferensi hari pertama kok..hehehe

0 comments: